Tuesday, 23 July, 2019

Benarkah Jus Detoks Itu Menyehatkan Tubuh?


Benarkah Jus Detoks Itu Menyehatkan Tubuh?

Membuang racun didalam tubuh dengan mengonsumsi jus detoks saat ini menjadi trend yang dipercayaiu oleh banyak orang untuk membantu menyehatkan tubuh sekaligus mengurangi berat badan.

Detoksifikasi sebenarnya merupakan istilah medis yang biasanya dilakukan oleh dokter terhadap orang yang mengalami kecanduan narkoba.

Dalam kontes ini, detoksifikasi dilakukan pada orang yang telah mengalami intokiskasi akut. Tindakan ini juga dapat membuat seorang pecandu mengalami gejala-gejala penarikan karena mereka berhenti mengonsumsi zat-zat adiktif.

Benarkah Jus Detoks Itu Menyehatkan Tubuh?

Dikutip dari Medical News Today, detoks dengan mengonsumsi jus buah sangatlah berbeda dengan detoks yang dilakukan oleh dokter.

Minuman buah atau jus detoks biasanya merupakan campuran dari beberapa buah-buahan yang diminum beberapa kali dalam sehari.

Dalam sebuah penelitian kecil menemukan bahwa jus buah ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan liver membuang racun yang berada dalam tubuh. Akan tetapi dengan jumlah sampel yang metodologi yang masih membutuhkna pembuktian secara ilmiah maka disimpulkan bahwa penelitian tersebut tidaklah dianggap benar sepenuhnya.

Sementara itu, studi yang menyatakan bahwa detoks dapat membantu menurunkan berat badan dapat terjadi dengan catatan bahwa konsumsi dari orang tersebut menggunakan pola makan rendah kalori. Sayangnya, pola tersebut tidaklah bertahan lama dan berujung pada naiknya berat badan orang tersebut kembali.

Walaupun begitu, jus detoks pada intinya tidaklah buruk dengan catatan bahwa jus tersebut memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan tidak memiliki kadar gula yang rendah.

Salah satu jus detoks yang dapat dengan mudah dibuat adalah jus detoks yang berbahan dasar buah-buahan. Jus buah-buahan ini pun harus diperhatikan konsumsinya karena beberapa buah memiliki kadar gula yang tinggi didalamnya.

Campuran paling ideal adalah dengan membuat jus detoks yang terdiri dari campuran sayur, buah dan kacang-kacangan. Dengan campuran tersebut anda akan mendapatkan asupan serat, vitamin dan karbohidrat yang cukup.