Wednesday, 13 November, 2019

Bom Era Perang Dunia II Ditemukan di Kremlin Rusia


Sebuah bom yang tak meledak diduga sisa perang dunia kedua ditemukan di tanah galian saat pekerjaan konstruksi di benteng dan kompleks istana kremlin,Moskow,rusia pada Kamis waktu setempat. Penemuan bom itu dilaporkan oleh kantor berita Rusia.
“Seperti diketahui, antara 1941 hingga 1942 Kompleks Kremlin telah dibom,” ujar Komandan Kremlin,Sergie Khlebnikov seperti dikutip dari kabarberita.
“Saat pekerjaan konstruksi, sebuah bom penerbangan ditemukan,” kata dia.Khlebnikov mengatakan bom ini telah dibawa dari kompleks Kremlin dan akan dilikuidasi.
“Semua tindakan yang memastikan keamanan Kremlin telah selesai,” dia menambahkan.
Juru Bicara Presiden Rusia, Vladimir Putin juga meyakinkan media bahwa bom itu tidak mengganggu agenda pemimpin Rusia.Kremlin adalah salah satu benteng abad pertengahan tertua di Eropa, pernah menjadi sebagai pusat para tsar, pemimpin Soviet, dan sekarang adalah istana kepresidenan Rusia dan merupakan situs warisan dunia UNESCO.
Invasi Nazi Jerman tahun 1941 ke Uni Soviet menyebabkan pertempuran brutal dan pengepungan kota-kota Rusia. Kompleks Kremlin adalah salah satu target pengeboman Nazi saat menyerang Kota Moskow ketika Hitler melancarkan serangan udara ke kota itu. Akibatnya, atap salah satu istana Kremlin rusak parah selama serangan itu.Dua bom bekas perang dunia (PD) II ditemukan di wilayah Jerman bagian tengah. Temuan ini memicu evakuasi sekitar 2.500 orang.
Seperti dilansir kabarberita, dua bom bekas PD II itu ditemukan di lokasi saling berdekatan di sebuah zona industri di kota Giessen yang masuk wilayah Hesse pada Senin siang waktu setempat. Lokasi temuan itu berada di sebelah utara Frankfurt.Dua temuan bom ini terdiri dari satu bom Jerman seberat 250 kilogram dan satu bom Amerika seberat 50 kilogram.Dituturkan kepolisian setempat bahwa bom Jerman terpaksa diledakkan karena terlalu tidak aman untuk dijinakkan. Sedangkan bom Amerika berhasil dijinakkan secara aman.Dampak dari temuan bom ini, sekitar 2.500 orang terpaksa dievakuasi sejenak dari rumah-rumah mereka sebelum ledakan terkendali dilakukan. Terdapat sekitar 800 pengungsi — yang tinggal di tempat penampungan setempat di antara orang-orang yang dievakuasi.Temuan bom bekas perang semacam ini tergolong cukup sering terjadi di Jerman.
Nyaris 75 tahun setelah PD II berakhir, wilayah Jerman masih banyak dipenuhi bom-bom era perang yang belum meledak, yang merupakan peninggalan operasi militer Sekutu melawan Nazi Jerman saat itu. Sebelumnya pada Minggu pagi waktu setempat, sebuah bom bekas PD II meledak di sebuah tanah lapang di Jerman bagian barat. Ledakan bom bekas perang ini memicu sebuah kawah besar.Awal bulan ini, sebuah bom era perang milik Amerika ditemukan di lokasi proyek konstruksi di dekat pusat perbelanjaan di pusat kota Berlin. Bom seberat 100 kilogram itu berhasil dijinakkan, setelah 3 ribu orang dievakuasi. Menurut para pakar, sekitar 10 persen bom yang dijatuhkan ke Jerman saat era perang, tidak meledak.