Thursday, 17 October, 2019

Manfaat Sholat Tahajud yang Mengagumkan Disertai Tata Cara Melakukannya


Menjadi umat Islam, ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan. Misalnya saja adalah salat wajib. Nah, selain salat wajib, ada beberapa salat sunnah yang termasuk ke dalam amalan yang mesti dijaga dan dirutinkan. Diantara keutamaannya, salat sunnah akan menutupi kekurangan pada salat wajib.
Nah, dari berbagai macam sholat sunnah yang bisa dikerjakan sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang memiliki manfaat sholat tahajud yang mengagumkan. Bagaimana tidak, sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa. Hal ini telah disebutkan dalam Alquran bahwa bisa membuat yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.Ya, ada beberapa manfaat sholat tahajud yang mengagumkan yang bisa kamu rasakan apabila mengerjakannya dengan ikhlas dan rutin.Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah isya’ sampai masuknya waktu subuh. Walaupun begitu ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir.
Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Jika mengerjakan sholat tahajud pada waktu tersebut, insya Allah doanya akan diijabah oleh Allah SWT.Pentingnya untuk memahami tentang tata cara sholat tahajud. Hal ini berguna agar mendapatkan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan. Secara umum, cara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunah pada umumnya.
Kamu hanya diwajibkan untuk mensucikan diri dari hadats kecil maupun hadats besar sebelum melakukan sholat tahajud. Mensucikan badan, pakaian, dan tempat dari najis juga diperlukan sebelum melaksanakan sholat tahajud. Lalu tidak lupa juga menutup aurat dan menghadap kiblat.
Bahkan saat sebelum tidur kamu berniat untuk melaksanakan salat tahajud, tetapi kamu tidak terbangun, kamu masih tetap mendapatkan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan ini. Mengenai jumlah rakaatnya, salat tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam, dengan jumlah rakaat yang tak terbatas.
Walaupun begitu menurut hadits HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat dengan witir). Jadi tak ada salahnya jika kita mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tahajud beserta tata caranta, selanjutnya kamu perlu mengetahui beberapa manfaat sholat tahajud yang mengagumkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat menjalankannya dengan rutin.Terdapat sebuah hadis yang mengatakan tentang manfaat sholat tahajud yang mengagumkan untuk umat manusia apabila menjalankannya. Manfaat itu adalah menjadikan sebuah jembatan untuk masuk ke surga.
Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud. “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.”