Tuesday, 17 September, 2019

PGN Ikut Lelang 63 WJD Gas Yang Akan Dibuka Oleh BPH Migas


PGN Ikut Lelang 63 WJD Gas Yang Akan Dibuka Oleh BPH Migas

PT Perusahaan Gas Negara Tbk akan mengikuti lelang 63 wilayah jaringan distribusi gas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya menjelaskan bahwa mereka telah mengajukan penawaran untuk lelang 63 wilayah jaringan distribusi atau WJD. Akan tetapi, Danny tidak ingin menjelaskan wilayah mana saja yang dipilih oleh PGN.

“Lokasinya terbesar di seluruh Indonesia dengan total ada di 63 WJD,” kata Danny.

PGN Ikut Lelang 63 WJD Gas Yang Akan Dibuka Oleh BPH Migas

Banyaknya wilayah jaringan distribusi yang ditargetkan oleh PGN ini disesuaikan dengan infrastruktur yang dimiliki oleh subholding migas nasional tersebut. Salah satunya adalah jaringan gas kota ataupun jaringan gas rumah tangga.

“WJD itu infrastruktur niaganya komunitas, cuma nantinya terhubung dengan jaringan gas. Kalau kami kan sudah memiliki infrastrukturnya sekaligus telah eksis di wilayah tersebut,” tambahnya.

Hanya saja, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengatakan bahwa lelang WJD baru akan dilaksanakan setelah penyelesaian revisi RIJGBN atau Rencana Induk Jaringan Gas Bumi Nasional yang hingga saat ini masih belum diselesaikan oleh Kementerian ESDM.

Mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomo 4 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Gas Bumi dan Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi, lelang WJD harus memenuhi persyaratan yaitu adanya studi kelayakan dan desain detail pengembangan WJD dari pihak peserta lelang.