Thursday, 17 October, 2019

Soekarwo Mundur Sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur


Soekarwo Mundur Sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Mantan Gubernur Jawa Timur dua periode, Soekarwo disebutkan akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur setelah dirinya ditunjuk untuk menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio menyebutkan bahwa pria yang disapa dengan Pakde Karwo tersebut telah mengajukan pengunduran diri sejak Maret lalu ke DPP Partai Demokrat.

“Tapi, sampai saat ini belum ada balasan dari DPP Partai Demokrat,” kata Renville.

Soekarwo Mundur Sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Karena belum adanya surat tanggapan dari DPP maka secara otomatis belum ada Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur hingga hari ini. Musyawarah Daerah Demokrat Jawa Timur sendiri baru akan diadakan pada 2021 mendatang.

Beberapa nama yang muncul sebagai pengganti dari Soekarwo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur antara lain adalah Gubernur Khofifah Indar Parawangsa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emi Elistianto Dardak.

“Keduanya sama-sama memiliki posisi di partai politik ataupun kader dari partai politik,” lanjutnya.

Selain kedua nama tersebut, terdapat juga nama-nama lama di internal Partai Demokrat yaitu Muhammad Saifuddin yang saat ini merupakan Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Sampang yang dianggap sebagai tokoh muda dengan pandangan progresif.

Terdapat juga nama Renville Antonio yang menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Demokrat yang merupakan salah satu orang dekat Soekarwo dan Ketua Muda Mudi Demokrat Jatim Ayu Airlangga yang juga merupakan menantu dari Soekarwo.

“TIdak mudah mencari figur sekelas Soekarwo akan tetapi tidaklah salah jika memberikan kesempatan kepada generasi muda seperti Bayu,” katanya.