Sunday, 25 August, 2019

Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Serahkan Pemilihan Wagub Ke DPRD Periode Berikutnya


Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Serahkan Pemilihan Wagub Ke DPRD Periode Berikutnya

Wakil Ketua Panitia Khusus Tata Tertib Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta Bestari Barus mengatakan bahwa pelaksanaan Rapat Pimpinan Gabungan atau Rapimgab pembahasan tatib pemilihan Wagub DKI kemungkinan akan terlaksana setelah anggota DPRD DKI yang baru untuk masa bakti 2019-2024 dilantik.

“Sepertinya pembahasan akan dilakukan di DPRD periode 2019-2024,” kata Bestari.

Bestari mengatakan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena masa waktu kerja yang dimiliki oleh DPRD ini hanya tinggal beberapa minggu saja.

Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Serahkan Pemilihan Wagub Ke DPRD Periode Berikutnya

Seperti diketahui bahwa Anggota DPRD untuk periode 2019-2024 akan dilantik pada 26 Agustus mendatang atau 25 hari lagi.

“Periode yang ini sisa waktunya kurang dari 1 bulan dan semua anggota dewannya juga sibuk dengan berbagai pekerjaan yang rutin dilakukan ketika akhir masa bakti,” ujarnya.

Pemilihan Wagub DKI Jakarta diketahui berjalan cukup alot di DPRD DKI Jakarta. Hingga saat ini tercatat sudak tiga kali rapat untuk membahas draf tata tertib pemilihan ditunda karena tidak mencapai kata sepakat diantara fraksi di DPRD bahkan partai yang berhak mencalonkan yaitu PKS dan Gerindra juga tidak sepakat mengenai tata tertib tersebut.

Draf tata tertib sendiri akhirnya selesai pada 9 Juli 2019 setelah molor dari jadwalnya yang seharusnya sudah selesai pada pertengahan Juni 2019. Setelah tata tertib disepakati, draf tersebut harus dibawa ke rapat paripurna DPRD untuk disahkan yang direncanakan akan dilakukan pada 22 Juli lalu akan tetapi ditunda.

Posisi Wagub DKI ini menjadi sorotan karena posisi tersebut kosong setelah ditinggal oleh Sandiaga Uno pada 10 Agustus yang mencalonkan diri mendampingi Prabowo Subianto sebagai Cawapres.